Survei Kepuasan Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Bahasa Jepang FBS UNESA Tahun 2022: Evaluasi dan Rekomendasi

Surabaya - Unit Penjaminan Mutu (UPM) Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jepang,
Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Surabaya (UNESA), telah
merilis laporan survei kepuasan mahasiswa tahun 2022. Survei ini bertujuan
untuk mengukur tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan akademik,
kemahasiswaan, dan sarana prasarana yang diberikan oleh program studi.
Metodologi Survei
Survei dilakukan secara daring melalui sistem Single Sign-On (SSO) UNESA
dengan jumlah responden sebanyak 403 mahasiswa. Teknik analisis yang digunakan
meliputi analisis gap, tingkat kesesuaian, serta metode Importance-Performance
Analysis (IPA). Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon karena hasil uji
normalitas menunjukkan bahwa data tidak berdistribusi normal.
Hasil dan Temuan
Hasil survei menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara harapan dan
kenyataan dalam berbagai aspek layanan yang diterima mahasiswa. Secara
keseluruhan, tingkat kesesuaian antara harapan dan kenyataan mencapai angka
96,27%, yang menunjukkan layanan sudah cukup baik, tetapi masih ada beberapa
aspek yang perlu diperbaiki.
Beberapa aspek yang menjadi perhatian utama meliputi:
1.
Responsiveness (Ketanggapan):
Kemampuan dan kecepatan petugas dalam memberikan layanan BK, kesehatan,
dan beasiswa (P7) memiliki nilai gap -0,16 dengan tingkat kesesuaian 95,31%. Kemudian
untuk kemampuan dan kecepatan petugas dalam memberikan layanan bimbingan karir
dan kewirausahaan (P11) dengan nilai gap -0,14 dan tingkat kesesuaian 95,88%.
2.
Tangible (Keberwujudan):
Ketersediaan dan kecukupan sarana dan prasarana akademis seperti
perpustakaan, laboratorium, dan sistem informasi (P18) memiliki nilai gap -0,11
dengan tingkat kesesuaian 96,75%.
3.
Empathy (Akuntabilitas):
Kepedulian petugas dalam menerima keluhan terkait layanan keuangan dan
sarana prasarana (P17) memiliki nilai gap -0,14 dengan tingkat kesesuaian
95,86%.
Selain itu, terdapat beberapa aspek yang sudah berjalan dengan baik dan
perlu dipertahankan, seperti:
- Ketersediaan layanan akademik dan
administrasi yang memuaskan (P1).
- Kemampuan dosen dan tenaga
kependidikan dalam memberikan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan
mahasiswa (P19).
- Kesediaan dosen dan tenaga
kependidikan dalam memberikan perhatian kepada mahasiswa (P22).
Rekomendasi dan Tindak Lanjut
Berdasarkan hasil analisis Importance-Performance Analysis (IPA),
beberapa rekomendasi yang disampaikan untuk perbaikan ke depan antara lain:
- Peningkatan kecepatan layanan
administratif dan bimbingan dalam bidang BK, kesehatan, beasiswa, serta bimbingan karir dan
kewirausahaan.
- Peningkatan sarana dan prasarana
akademik, terutama terkait aksesibilitas dan kelengkapan fasilitas penunjang
seperti laboratorium dan sistem informasi.
- Meningkatkan keterbukaan
informasi terkait layanan kemahasiswaan dan keuangan, agar mahasiswa mendapatkan
kejelasan mengenai prosedur yang berlaku.
UPM Prodi S1 Pendidikan Bahasa Jepang berharap hasil survei ini dapat
menjadi bahan evaluasi bagi manajemen fakultas dan universitas dalam
meningkatkan kualitas layanan akademik dan kemahasiswaan. Survei dan evaluasi
kepuasan akan terus dilakukan secara berkala guna memastikan mutu layanan yang
lebih baik di masa mendatang.
Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi Unit Penjaminan Mutu
(UPM) Prodi S1 Pendidikan Bahasa Jepang FBS UNESA.
Link Laporan Survei Kepuasan Mahasiswa 2022 >>> di sini