Survei Kepuasan Dosen Prodi S1 Pendidikan Bahasa Jepang FBS UNESA Tahun 2022: Evaluasi dan Rekomendasi

Surabaya - Unit Penjaminan Mutu (UPM) Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jepang,
Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Surabaya (UNESA), telah
menyelesaikan laporan survei kepuasan dosen tahun 2022. Survei ini bertujuan
untuk mengukur kualitas layanan dan kepuasan dosen terhadap berbagai aspek
akademik dan administratif yang diberikan oleh universitas. Hasil survei ini
menjadi dasar bagi peningkatan layanan serta perbaikan dalam penyelenggaraan
tridarma perguruan tinggi.
Metodologi Survei
Survei ini dilakukan secara daring melalui sistem Single Sign-On (SSO)
UNESA dengan jumlah responden sebanyak 12 dosen. Teknik analisis yang digunakan
mencakup analisis statistik, analisis gap, tingkat kesesuaian, serta metode
Importance-Performance Analysis (IPA). Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon
karena hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data tidak berdistribusi normal.
Hasil dan Temuan
Hasil survei menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara harapan dan
kenyataan dalam layanan akademik dan administratif bagi dosen. Secara
keseluruhan, nilai tingkat kesesuaian antara harapan dan kenyataan berada pada
angka 91,51%, yang menunjukkan bahwa layanan yang diberikan sudah cukup
memadai, tetapi masih terdapat beberapa aspek yang perlu diperbaiki.
Beberapa aspek yang mendapatkan perhatian utama meliputi:
- Responsiveness (Ketanggapan):
- Kemudahan layanan manajemen
dalam pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi (P3) memiliki nilai gap -0,50
dengan tingkat kesesuaian 86,03%.
- Ketepatan dalam proses kenaikan
pangkat, pengembangan karir, dan hak dosen (P8) dengan nilai gap -0,50
dan tingkat kesesuaian 86,95%.
- Tangible (Keberwujudan):
- Kecukupan kuantitas dan kualitas
sarana dan prasarana (P11) seperti laboratorium, ruang kelas, dan
perpustakaan memiliki nilai gap -0,50 dengan tingkat kesesuaian 86,95%.
Selain itu, terdapat beberapa aspek yang sudah berjalan dengan baik dan
perlu dipertahankan, seperti:
- Aksesibilitas dalam mengakses
sistem informasi melalui SSO (P10).
- Ketepatan pencairan gaji,
sertifikasi dosen, dan remunerasi (P13).
- Konsistensi aturan dalam
pelaksanaan penelitian dan PKM (P19).
Rekomendasi dan Tindak Lanjut
Berdasarkan hasil analisis Importance-Performance Analysis (IPA),
beberapa rekomendasi yang disampaikan untuk perbaikan ke depan antara lain:
- Peningkatan efisiensi layanan
akademik dan administratif, khususnya terkait proses kenaikan pangkat dan pengembangan karir
dosen.
- Penyediaan sarana dan prasarana
yang lebih memadai, termasuk laboratorium, perpustakaan, dan ruang kelas.
- Peningkatan keterbukaan informasi
terkait mekanisme evaluasi kinerja dosen dan kebijakan keuangan agar dosen lebih memahami proses
yang berlaku.
UPM Prodi S1 Pendidikan Bahasa Jepang berharap hasil survei ini dapat
menjadi masukan konstruktif bagi manajemen fakultas dan universitas dalam
meningkatkan mutu layanan akademik. Evaluasi dan survei kepuasan akan terus
dilakukan secara berkala untuk memastikan kualitas pendidikan yang lebih baik
di masa mendatang.
Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi Unit Penjaminan Mutu
(UPM) Prodi S1 Pendidikan Bahasa Jepang FBS UNESA.
Link Laporan Survei Kepuasan Dosen Prodi S1 Pendidikan Bahasa Jepang FBS UNESA Tahun 2022 >>> disini