Bidang kajian dan Struktur Kurikulum Prodi S-1 Pendidikan Bahasa Jepang UNESA
Bidang
Kajian |
Deskripsi |
Kajian Konsep teoretis ilmu bahasa dan implementasinya dalam
penelitian bahasa |
Pengkajian prinsip-prinsip dasar ilmu bahasa
secara umum serta
implementasinya dalam penelitian bahasa. |
Keterampilan
bahasa Jepang |
Pengembangan kemampuan dan keterampilan berbahasa Jepang meliputi keterampilan menyimak, berbicara, membaca
dan menulis. Lulusan
diharapkan mempunyai kemampuan berbahasa Jepang dengan standar Internasional melalui JLPT (Japanese Language Proficiency Test)
N-3 atau setaraf
level tersebut. |
Pedagogik bahasa Jepang |
perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pembelajaran bahasa Jepang. |
Managerial
dalam pendidikan bahasa Jepang |
Perencanaan dan pengelolaan
sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, laboratorium, sekolah
dan lembaga pendidikan yang terkait dengan bidang pendidikan bahasa Jepang
dan mengevaluasi aktivitas yang dilaksanakan. |
TPACK |
Penggunaan sumber
belajar dan media pembelajaran bahasa
Jepang berbasis IPTEKS
untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran dalam kegiatan kurikuler, kokurikuler, dan
ekstra kurikuler |
Metodologi penelitian ilmiah dan penerapannya dalam penelitian |
Pengkajian
cara-cara penelitian ilmiah bidang pendidikan bahasa Jepang dan ilmu bahasa Jepang dalam
memecarhkan masalah dalam pendidikan bahasa Jepang
dan ilmu bahasa Jepang. |
Kajian pengembangan keilmuan dalam
penelitian pendidikan |
Pengkajian
ilmu-ilmu linguistik dan pedagogi bahasa Jepang serta hasil penelitian mutakhir dalam bidang
linguistik bahasa Jepang
dan pengajaran bahasa
Jepang. |