Bidang kajian dan Struktur Kurikulum Prodi S-1 Pendidikan Bahasa Jepang UNESA


Bidang Kajian

Deskripsi

Kajian Konsep teoretis ilmu bahasa dan implementasinya dalam penelitian

bahasa

Pengkajian prinsip-prinsip dasar ilmu bahasa secara umum serta implementasinya dalam penelitian bahasa.

Keterampilan bahasa Jepang

Pengembangan kemampuan dan keterampilan berbahasa Jepang meliputi keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Lulusan diharapkan mempunyai kemampuan berbahasa Jepang dengan standar Internasional melalui JLPT (Japanese Language Proficiency Test) N-3

atau setaraf level tersebut.

Pedagogik bahasa

Jepang

perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pembelajaran bahasa

Jepang.

Managerial dalam pendidikan bahasa Jepang

Perencanaan dan pengelolaan sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, laboratorium, sekolah dan lembaga pendidikan yang terkait dengan

bidang pendidikan bahasa Jepang dan mengevaluasi aktivitas yang dilaksanakan.

TPACK

Penggunaan sumber belajar dan media pembelajaran bahasa Jepang berbasis IPTEKS untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran dalam

kegiatan kurikuler, kokurikuler, dan ekstra kurikuler

Metodologi penelitian ilmiah dan penerapannya dalam

penelitian

Pengkajian cara-cara penelitian ilmiah bidang pendidikan bahasa Jepang dan ilmu bahasa Jepang dalam memecarhkan masalah dalam pendidikan bahasa Jepang dan ilmu bahasa Jepang.

Kajian pengembangan keilmuan                  dalam penelitian

pendidikan

Pengkajian ilmu-ilmu linguistik dan pedagogi bahasa Jepang serta hasil penelitian mutakhir dalam bidang linguistik bahasa Jepang dan pengajaran bahasa Jepang.